Copyright © Blue Flash
Design by Dzignine

RISOLERS KLATEN

Jumat, 17 Februari 2012

Kapal-Kapalan “Merah Putih”

Cerita dan Foto: Ph. Angga Purenda

Deretan kapal-kapalan yang siap dimainkan
            Ketika menikmati suasana pasar malam di alun-alun utara Yogyakarta ada sesuatu yang membuat aku berputar ke masa lalu. Dengan suaranya yang nyaring dan begitu khas sebuah mainan kapal-kapalan berputar-putar di atas baskom yang berisikan air. Yapz…itulah sebuah mainan tradisional yang slalu hadir ketika pasar malam tiba.
           
Masuknya inovasi baru, dengan adanya penambahan layar, terlihat mainan yang satu ini menjadi  gagah ketika meluncur. Bendera merah putih senantiasa menghiasi disetiap permukaan kapal-kapalan tersebut. Hingga akhirnya menjelma seperti replika KRI-nya Indonesia yang siap untuk tempur. Harga yang ditawarkan kisaran Rp 5.000 – 10.000 sehingga sangat terjangkau oleh berbagai kalangan. Salah satu contohnya kapal-kapalan yang sudah dihiasi dengan layar dan penambahan bendera merah putih dibandrol dengan harga sekitar Rp 7.000.
Kakek ini masih semangat menjajakan kapal-kapalannya
           
Mainan tradisional yang satu ini cukup mudah untuk dimainkan namun untuk anak-anak perlu didampingi oleh orang tuanya. Siapkan saja dulu ember atau baskom yang berisikan air sebagai media jalannya kapal-kapalan tersebut. Lalu minyak goreng yang dioleskan pada kapas dan dihidupkan dengan menggunakan api. Setelah itu sumber api tersebut dimasukan ke dalam kapal-kapalan. Namun sebelumnya “knalpot” dari kapal-kapalan tersebut harus diisi dengan air hingga penuh. Ketika semuanya sudah beres maka kapalnya akan berjalan memutar seturut dengan lingkaran ember maupun baskom.
            Mainan tradisional kapal-kapalan ini patut untuk dilestarikan dan kedepannya perlu dikembangkan lagi dengan inovasi-inovasi yang lebih menarik lagi. Sehingga mainan kapal - kapalan ini tak terlupakan begitu saja, padahal merupakan bagian dari warisan budaya Indonesia. Aku yakin dibelahan dunia mana pun tak ada mainan tradisional se-unik ini dan itu hanya ada di Indonesia. #Salam Blue Flash: Flash In News

0 komentar:

Posting Komentar

wibiya widget