Copyright © Blue Flash
Design by Dzignine

RISOLERS KLATEN

Rabu, 08 Februari 2012

Wisata Malam di Kraton Yogyakarta

Cerita dan Foto Oleh: Ph. Angga Purenda

Kereta Kuda yang sering digunakan ketika penobatan Sri Sultan
            Beberapa waktu yang lalu, aku mendapatkan sebuah kesempatan berharga untuk berwisata malam di kraton Yogyakarta. Awalnya aku tak menduga ketika menikmati pasar malam di alun-alun utara Yogyakarta.  Ternyata kraton Yogyakarta juga membuka pameran bagi pengunjung untuk menikmati berbagai benda bernilai sejarah dari kraton. Dengan harga tiket Rp 5.000 kita pun bisa memasuki arena kraton dengan menikmati berbagai warisan budaya Indonesia yang satu ini.
           
Dengan memasuki gerbang utama dari kraton, kita akan disuguhi berbagai kereta kuda yang sering digunakan oleh para raja-raja kraton. Terdapat juga mobil dinas wakil presiden Indonesia yang ketika itu pernah digunakan oleh . Diorama tentang replika prajurit-prajurit keraton juga terbingkai dengan apik dibalik kaca. Pengunjung benar-benar dimanjakan berbagai pameran yang menarik dan pastinya membuat puas bagi penikmatnya.
            Ketika memasuki lebih dalam lagi, pengunjung dapat melihat pembuatan gamelan. Dalam suatu ruangan terlihat beberapa pekerja sedang bahu-membahu membuat alat musik gamelan yang sedang dibarai oleh api. Selain itu ada juga seperangkat gamelan yang sudah ditata sedemikian rupa disebuah ruangan yang menyerupai joglo dan memiliki nama tertentu. Tak ketinggalan pula keris dan wayang juga menjadi benda yang menarik perhatian pengunjung malam itu. Namun menurutku ada bagian yang menarik dari pameran kraton tersebut yaitu kita bisa menikmati lantunan nembang jawa ( nyanyian jawa) yang dinyanyikan oleh salah satu abdi dalem kraton.
            Itulah pengalaman berharga yang aku dapatkan dari wisata malam di Kraton Yogyakarta. Buat teman-teman yang mau menikmati wisata malam di kraton seperti aku ini. Dapat kalian nikmati ketika ada acara skaten (pasar malam) di alun-alun utara Yogyakarta yang sering diadakan di awal tahun sebelum perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pokoknya gak bakal nyesel deh kalau menikmati sajian budaya yang satu ini. #Salam Blue Flash: Flash In News
FOTO: Buat teman-teman yang mau lihat suasana kraton serta benda-benda yang di pamerkan saat malam itu dapat klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

wibiya widget