Copyright © Blue Flash
Design by Dzignine

RISOLERS KLATEN

Kamis, 09 April 2015

Bola-Bola Keju Balut Kentang

Teks & Foto: Ph. Angga Purenda
           
Bola-Bola  Keju Balut Kentang
Halo sahabat, lama sudah beberapa bulan ini saya tak ngeblog demi fokus menyelesaikan skripsi. Tapi kali ini saya ingin berbagai sebuah resep yang sudah saya uji dari video Dapur Umami yang berjudul “Keju Balut Kentang” di youtube. Bola-bola keju balut kentang ini bisa menjadi alternatif kamu selain kroket, sebagai salah satu menu pesanan di usaha rumahan. Mari siapkan bahannya seperti bawang putih (2 siung), margarin, kornet, kentang goreng (dihaluskan), tepung panir, tepung terigu, keju cheddar, susu putih cair, telur, merica bubuk, penyedap rasa dan minyak goreng.
           
     Pertama, panaskan margarin ke dalam wajan lalu masukan 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Sebenarnya di resep aslinya tidak menyertakan bawang putih, ini hanya tambahan dari saya sendiri agar rasa dan harumnya semakin kuat. Masukan 3 sdm tepung terigu ke dalam wajan lalu diaduk hingga merata. Tambahkan susu putih cair dan aduk hingga mengental, lalu masukan kentang goreng yang sudah dihaluskan, parutan keju cheddar, merica bubuk dan penyedap rasa. Aduk semua bahan yang tercampur tersebut hingga merata lalu diamkan beberapa menit agar adonan tidak terlalu panas.
Langkah selanjutnya ambil adonan dan dibentuk seperti bola dengan menggunakan dua sendok maupun dua tangan kita. Siapkan kocokan telur dan tepung panir, celupkan adonan bola itu ke kocokan telur lalu gulingkan ke tepung panir. Jika semuanya sudah siap, goreng hingga matang sampai kecoklatan. Di sisi lain kita bisa menyiapkan potongan keju cheddar seperti menyerupai bentuk batang lalu ditusukan di tengah-tengah bola-bola keju balut kentang tersebut.

           
Salah satu alternatif snack selain membuat kroket
Bola-bola keju balut kentang yang sudah dibuat ini kemudian saya berikan ke ibu saya yang telah berpengalaman selama lebih 20 tahun di dunia masak-memasak untuk memberikan penilaian dari sisi rasa serta estimasi harga jika dijual ke konsumen. Menurut Ibu saya bola-bola keju balut kentang ini sangat enak sehingga memberikan nilai 8 dari 1-10. Soal harga Ibu saya memberikan etimasi sekitar Rp.1500-2000 yang hanya berlaku di Kota Klaten. Harga ini bisa menyesuaikan dengan harga bahan serta dimana bola-bola keju balut kentang itu dijual. Jadi tunggu apa lagi, kamu bisa langsung pratik membuat bola-bola keju balut kentang yang layak jual ini. Kini bola-bola keju balut kentang menjadi menu snack di catering ibu saya.

0 komentar:

Posting Komentar

wibiya widget