Copyright © Blue Flash
Design by Dzignine

RISOLERS KLATEN

Kamis, 09 April 2015

Cumi-Cumi Goreng Telur Asin

Teks & Foto: Ph. Angga Purenda
           
Sedapnya Cumi-Cumi Goreng Telur Asin
Pada masak kali ini saya ingin berbagi resep membuat cumi-cumi telur asin. Makanan laut ini bisa jadi lauk pauk alternatif kamu jika sedang bosan menyantap ayam maupun ikan goreng di rumah. Mari siapkan bahannya terlebih dahulu yakni cumi-cumi (1/4 kg), telur asin matang (5 butir), cabe merah (5), cabe hijau (5), tepung mazena, garam, merica, kaldu ayam bubuk, gula, margarin dan minyak goreng.
Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu cumi-cuminya kemudian dipotong menyerupai cincin. Bumbui potongan cumi-cumi itu dengan garam dan merica sesuai selera lalu kita aduk dan campurkan hingga merata. Langkah selanjutnya balur cumi-cumi dengan tepung mazena. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng cumi-cumi tersebut hingga matang dengan api sedang lalu ditiriskan.
Mari kita buat sausnya, potong telur asin menjadi dua karena yang kita ambil hanya kuning telurnya saja. Kuning telur tersebut kita haluskan dengan sendok hingga hancur. Potong juga cabe merah dan cabe hijau dengan posisi miring. Kegiatan selanjutnya adalah menumis, siapkan margarin untuk dipanaskan sebagai pengganti minyak goreng. Masukan kuning telur yang sudah dihaluskan tadi lalu diaduk hingga merata, kemudian tunggu hingga berbuih.

Masukan cabe merah dan hijau yang sudah kita potong lalu kita aduk hingga merata. Masukan garam, merica, kaldu ayam bubuk sesuai selera atau beberapa jimpit. Rasa asin sudah sangat dominan dalam masakan ini maka itu kita tambahkan 1 sdm gula lalu diaduk hingga merata. Masukan cumi-cumi yang sudah digoreng tadi ke dalam saus telur asin yang sedang kita tumis. Aduk secara terus menerus hingga cumi-cumi terbalut saus telur asinnya. Tunggu beberapa menit hingga dirasa cumi-cumi goreng telur asin sudah matang dan siap untuk disajikan. Selamat mencoba kawan.

0 komentar:

Posting Komentar

wibiya widget